Kadis Kesehatan Kepulauan Tanimbar Yakinkan Masyarakat Vaksinasi COVID-19 Aman

  • Whatsapp

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar dr.Edwin Tomasoa,meyakinkan masyarakat Tanimbar untuk jangan di vaksin,karena pastinya vaksin Sinovac sudah tentu aman.

“Saya berharap masyarakat Tanimbar jangan takut di vaksin,tidak ada pemerintah yang mau membunuh masyarakatnya.Selain itu,vaksin ini untuk menaikan kekebalan tubuh.Bahkan, vaksin yang nantinya diberikan ini sama seperti yang diberikan kepada Presiden dan Nakes,”ungkap Tomasoa kepada N25NEWS.com,saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Menurutnya, Vaksinasi COVID-19,yang diberikan kepada Nakes dan Forkopimda merupakan suatu yang dilakukan negara untuk masyarakat,oleh karena itu,masyarakat yang menolak vaksin maka hal tersebut merupakan hak pribadi masing-masing pihak.

“Jadi,vaksinnya aman dan karena itu,jangan takut.Tidak perlu termakan dengan berita-berita di medsos dan berita hoax,vaksin untuk menjaga kesehatan kita semua sehingga bisa beraktivitas seperti biasa dan kegiatan perekonomian bisa berlangsung dengan baik,”katanya.

Lebih lanjut, Tomasoa menjelaskan,pelaksanaan vaksin setelah disuntik vaksin COVID-19 Sinovac perserta yang di vaksin akan menjalani oservasi selama 30 menit.Setelah itu,kondisi peserta vakainasi dalam keadaan baik-baik saja dan tidak mengalami keluahan karena efek sampingnya ringan.

“Yang jelas saya mau katakan bahwa vaksin itu aman.Kemudian sistem yang telah dipersiapkan itu lebih menjamin tingkat keamanannya,”jelas Tomasoa.

Adapun, Tomasoa menandaskan jika seseorang tidak bisa menerima vaksin,itu berarti orang tersebut tidak akan di vaksin.Karena,mengingat ada hal lain dalam tubuhnya,serta mungkin orang tersebut sedang hamil,maka jelas tidak bisa di vaksin.

“Jadi saya minta setiap orang jangan menolak untuk di vaksin (terlepas dari aturan-aturannya) sebaiknya dia tidak boleh menolak untuk di vaksin,agar didalam tubuhnya ada kekebalan dari bahaya virus corona,”ujarnya.

Lebih lanjut,kata dia Presiden Jokowi setelah di vaksin tidak merasakan keluhan apapun.Ini sebagai bukti kalau vaksin ini sangat aman.

“Jadi masyarakat jangan ragu dan takut di vaksin,karena tujuannya untuk memperkuat imun tubuh sehingga semua bisa segera bangkit dari pandemi COVID-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,”jelasnya.

Untuk itu, Tomasoa menghimbau masyarakat Tanimbar bahwa vaksin itu aman.Jadi,kalau ada masyarakat yang tidak mau di vaksin berarti tidak bisa melindungi dirinya dan keluarganya serta orang-orang terdekat,”tandas Tomasoa.

Reporter : Sanra
Editor : Aris Warbanaran

Related posts