Akibat Kemarau Sejumlah Lokasi dikota Saumlaki dilalap Si Jago Merah

  • Whatsapp

SAUMLKI,N25EWS.com -Musim Kemarau yang berkepanjangan melanda Kabupaten Kepulauan Tanimbar sejak beberapa bulan terakhir ini mengakibatkan sejumlah lokasi di Kota Saumlaki dan sekitarnya mengalami kekeringan dan berpeluang terjadinya kebakaran lingkungan.

Kebakaran yang terjadi disamping Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kepulauan Tanimbar Jumat (08/11) siang, juga sebelumnya telah terjadi kebakaran dibeberapa tempat di Kota Saumlaki dan sekitarnya.

Kejadian kebakaran dilahan milik warga yang berlokasi disamping Dinas Ketahanan Pangan Kepulauan Tanimbar, warga yang punya lahan membakar rumput yang tumbuh disela – sela tanaman pohon jati. Saat itu angin yang bertiup cukup kencang rumput terbakar dan merembes menuju rumah pemilik lahan, kobaran api tidak bisa diatasi oleh pemilik lahan. Saat itu salah satu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kepulauan Tanimbar melewati lokasi itu, dirinya melihat lahan yang terbakar dan nyala api pun semakin melebar. Ia dengan tanggap langsung melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Damkar Kepulauan Tanimbar.

Saat itu juga petugas Damkar langsung menuju ke TKP dengan armadanya, sampai dilokasi kebakaran mereka pun langsung beraksi memadamkan kobaran nyala api. Asap dari kobaran api itu sampai membuat arus lalu lintas terhenti beberapa saat, karena asap disertai uap panas yang keluar dari kobaran si jago merah. Beberapa menit kemudian si jago merah dapat dijinakkan oleh petugas Damkar Kepulauan Tanimbar. Pada insiden tersebut tidak menimbulkan korban harta mau pun nyawa, hanya sebagian tanaman jati yang dilalap si jago merah.

Kepala Seksi Damkar Kepulauan Tanimbar Ulis Batmomolin yang dikonfirmasi melalui sambungan seluler mengatakan, setelah menerima laporan dirinya bersama petugas langsung turun ke lokasi insiden, dan bertindak cepat untuk memadamkan api, hal ini sebagai tindakan jemput bola jadi pada prinsipnya kita bisa atasi dengan aman termasuk rumah dan kantor yang berada dekat dengan lokasi kejadian.

Ulis Batmomolin berharap kepada masyarakat aktivitasnya berkebun ketika akan membakar lokasinya dibersihkan dulu, dan kalau pun dibakar akan membatasi menjalarnya api. Dihimbau juga bagi masyarakat yang punya rumah dekat dengan lokasi lahan baik lahan tidur maupun kebun, harus membersihkan lokasi tersebut supaya jarak antara lahan dengan rumah agak jauh. Dan kalau misalnya terjadi kebakaran secara tiba – tiba kondisi rumah akan aman dari kobaran si jago merah.

Reporter : Imanuel S

Editorb: Redaksi

banner 300x250

Related posts

banner 468x60