Antisipasi Ketahanan Pangan Tanimbar Utara, Bupati KKT Kucurkan Sembako Di Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

LARAT,N25NEWS.com – Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon,  SH.MH, di dampingi Ibu Joice Penturi/F, serta Jajaran ASN tiba di Kota Larat pagi tadi, Kamis 28 Mei 2020.

Kunjungan tersebut dalam  rangka memberikan bantuan untuk masyarakat yang berdampak  pandemi Covid-19.

Untuk Jumlah penerima bantuan di Kecamatan Tanimbar Utara ada Delapan Desa, pada pukul 11.30 WIT bertempat di Gedung Temarlolan Larat, di hadiri Muspika di Kecamatan tersebut.

Bupati Petrus Fatlolon dalam arahannya mengatakan,Bantuan Sosial yang di berikan ke masyarakat pasca pandemi Covid-19 ini, guna mengantisipasi perlawanan ketahanan pangan di daerah kita masing-masing.

Untuk itu dirinya  telah mengeluarkan instruksi di tujukan kepada Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala-Kepala Desa untuk mengarahkan, menegaskan, agar selalu siap antisipasi kelangkaan pangan di daerah masing-masing, dengan cara berkewajiban untuk bercocok tanam/berkebun tanaman pangan lokal (umbi-umbian, kacang-kacangan), sejak dini.

Alasan dari konteks diatas kata Bupati ,Mengingat pengimporan Beras secara Nasional dari Negara-Negara tetangga sudah mulai dibatasi,oleh karena itu dirinya  menghimbau kepada Masyarakat Tanimbar Utara agar ketahanan pangan lokal sudah harus kita persiapkan.

“Saya berharap agar Camat Tanimbar Utara, beserta seluruh Kepala Desa se Kecamatan Tanut melaksanakan Perintah serta Kebijakan Presiden Joko Widodo, untuk pastikan di semua desa-desa diharuskan melakukan tanam-tanaman pangan Lokal,” tandas Bupati.

Dia pun mengajak masyarakat kerpulauan Tanimbar  untuk tetap mematuhi semua anjuran dari Gugus Tugas pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19. Anjuran yang di sampaikan TNI-Polri, anjuran Protokoler Kesehatan yang disampaikan oleh Tim Gugus Tugas Kesehatan di desa-desa dan kecamatan, seluruh Aparatur Pemerintah Kecamatan dan Pemdes diminta untuk bersinergi dalam rangka memastikan Protokoler Kesehatan didesa dan kecamatan terlaksana dengan baik.

Bupati Petrus Fatlolon juga menyerahkan secara langsung satu unit Truck Sampah kepada Kecamatan Tanimbar Utara, yang mana telah menjadi keluhan warga Masyarakat secara langsung, maupun lewat media-media yang berada di tanimbar.

“Saya berharap dengan adanya satu unit truck Sampah ini masyarakat bisa  tertib membuang sampah sehingga Kota  Larat dan sekitarnya, bisa menghirup udara yang segar dan suasana tata kota yang asrih sehingga kita masyarakat Tanut bisa bebas dari wabah ini, “kata Bupati mengahairi.

Reporter : Sanra Lokdalim

Editor : Redaksi

Related posts