Begini Kebijakan Camat Tanimbar Utara Antisipasi Covid-19

  • Whatsapp

LARAT,N25NEWS.com-Camat Tanimbar Utara (Tanut) Daniel Sabonu mengatakan demi mewujudkan masyarakat yang tentram dan nyaman,maka pihak Kecamatan Tanut,telah mengambil langkah-langkah penting guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di kecamatan tertua di Tanimbar tersebut.

“Masyarakat saya (Tanut) untuk sekarang ini aman.Namun terkait dengan hasil rapat bersama dengan instansi terkait maka diputuskan semua jajaran pendidikan dari TK sampai SMA diliburkan sementara,”kata Sabonu kepada N25NEWS.com,saat ditemui di kediamannya,rabu (25/3/2020).

Dikatakannya,aktifitas perkantoran tetap seperti biasa,oleh karena itu ia akan tetap stay bersama dinas yang tujuannya untuk melayani masyarakat yang sangat membutuhkan pelayanan mendesak.Namun diakuinya pertemuan secara langsung tidak ada,semua pelayanan dilakukan via telepon atau surat yang disesuaikan kondisi dalam ancaman Covid-19.

“Paling baik kita ikuti anjuran pemerintah,sebab kecamatan Tanut merupakan garda terdepan sebagai daerah terluar,maka sudah barang tentu kebijakan yang kita ambil guna mengantisipasi penyebaran virus mematikan ini,”jelas Sabonu.

Selain itu,keputusan yang ambil pihak kecamatan juga merupakan tindaklanjuti himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk mentiadakan kegiatan-kegiatan yang menghadirkan massa,kegiatan ditempat-tempat umum juga dibatasi (pukul 19.00 malam),menjaga jarak antar individu (social distancing) dan masing-masing stay di rumah.

Sementara itu,terkait lockdown,Sabonu tegaskan hal itu belum terpikirkan,sebab pihaknya lebih fokus pada keluhan masyarakat Ridool terkait isu yang berkembang dari feri yang masuk dari Tual mengakibatkan kepanikan di dermaga feri.

“Masyarakat kita agak panik karena pos penjagaan (dari dinas kesehatan) di pelabuhan dinilai masih longgar.Selain itu,keluhan masyarakat kita adalah soal keterbatasan anggaran soal penanganan virus yang berasal dari Wuhan China ini,”tutur pria asal Watidal ini.

Adapun,Sabonu menandaskan,adanya dukungan masyarakat Tanut dan kerjasama yang baik,maka kekurangan yang dihadapi dapat diatasi,sehingga hal ini tidak menibulkan isu atau hoax (berita bohong) dan kepanikan yang berkepanjangan.

“Saya juga pribadi sangat menyambut baik kehadiran media N25NEWS.com dan siap membangun mitra kerja yang baik yang saling menguntungkan.Selain itu, saya bangga dengan keberadaan N25 di kecamatan Tanut,sebab keberadaan media ini ikut mempromosikan daerah kita,”tandas Sabonu.

Reporter : Sanra Lokdalim

Editor : Aris Wuarbanaran

Related posts