Bupati Hadiri Panen Raya,Ini Keinginan Petani Ndaranaman Desa Adaut

  • Whatsapp

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Bupati Petrus Fatlolon dan Ketua TP-PKK Joice Fatlolon/P .SP. ,Asisten 2 dan sejumlah Pimpiman SKPD,Camat ,kapolsek,Dandramil Selaru serta rombongan bersama dengan anggota DPRD wakil ketua satu Jidon Kelmanutu,ketua komisi C Nikson Lartutul dan angota komisi C Semuel Lilimwelat melakukan panen raya Padi di Desa Adaut ,Kecamatan Selaru Kabupaten Kepulauan Tanimbar,Selasa (7/7/2021).

Gabungan kelompok Tani Ndaranaman Desa Adaut tentu ikut serta membantu pemerintah dalam rangka menjaga dan memastikan ketahanan pangan Nasional lebih khusus didaerah perbatasan.

Bupati Kepulauan Tanimbar,Petrus Fatlolon dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar,”Saya patut menyampaikan terimakasih dan sekaligus memberi penghargaan kepada kelompok gabungan Tani Ndaranaman Desa Adaut,
kata Fatlolon.

Kelompok Tani Ndaranaman ini adalah pahlawan-pahlawan Bangsa juga pahlawan daerah yang ikut serta membantu pemerintah untuk memastikan ketahanan pangan lebih khusus di daerah perbatasan.

“Saya meminta Kepala Dinas Pertanian bersama jajaran yang terus memberikan pendampingan penyuluhan bantuan lainnya kepada kelompok tani,sehingga dihari ini kita boleh melaksanakan panen raya secara besar-besaran pada lahan padi kering seluas 40 haktare,”ujarnya.

Selain itu, Fatlolon juga harap kepada Camat Selaru bersama jajaran,kepala Desa Adaut ikut serta mendorong peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

Bapa ibu Kelompok Tani Ndaranaman sungguh sangat berjasa, ditengah-tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia lebih khusus di Tanimbar, tetapi bapa ibu kelompok tani terus melaksanakan program kegiatan dibidang pertanian yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Kami selaku pemerintah daerah terus mendorong untuk meningkatkan produksi pertanian, dengan tujuan agar didaerah-daerah terpencil seperti kita ini, jangan samapi terjadi kelangkaan pangan.Jelas kelompok tani telah melakukan tugas ini, sangat baik, sungguh sangat membantu pemerintah,”pungkasnya.

“Saya akan turun kedesa-desa lain, saya akan bilang kita harus tiru kelompok Tani Ndaranaman dari desa Adaut, hal ini menjagi terobisa yang bagus di bidang pertanian.”tambahnya.

Dikesempatan itu pula Fatlolon menghimbau kepada Kelompok Tani agar kedepan produksinya, perlu ditingkatkan, tidak usah kuatir tentang pemasaran, tidak usah kuatir tanam banyak nanti siapa yang beli.

“Kita telah siapkan anggaran untuk PT. Kalwedo Kidabela, untuk membeli setiap produksi beras dari kelompok tani,”jelasnya.

Lanjutnya bahwa didesa-desa itu ada Bumdes, melalui dana Dana Desa dan ADD sebenarnya Kades bisa memprogramkan mengalokasikan dana dari ADD untuk membeli hasil produksi padi kelompok Tani Ndaranaman.

Begitu juga dengan permintaan kelompok tani Ndaranaman yang mana masih kekurangan mesin penggiling untuk membantu dalam proses pengolahan hasil panen,begitu juga obat-obatan pemberantas Hama.

Selain itu para tani juga meminta agar jalan masuk lahan pertanian segera perbaiki guna menunjang akses operasinal mereka.

“Untuk itu,saya menghimbau agar kita semua bila nanti pemerintah melalui Dinas Kesehatan melaksanakan program vaksinasi masal dan gratis di Kecamatan Selaru, agar kita mengikuti program ini, ini instruksi presiden agar setiap warga negara Indonesia wajib untuk mengikuti vaksinasi,”tandasnya.

Reporter : JIAS

Editor : Aris Wuarbanaran

Related posts