Kadis Perikanan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kembalikan Long Boat Kelompok Nelayan Desa Watidal Dan Wabar

  • Whatsapp

Reporter : Sanra

Editor : Redaksi

Saumlaki – Sebulan lalu terdengar Long Boat kelompok nelayan Desa Watidal dan Desa Wabar di tarik oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, pimpinan mantan Kadis Perikanan yang sekarang menjabat sebagai Asisten Satu .

Adapun jumlah Long Boat yang di tarik dari kelompok nelayan Desa Watidal adalah enam  unit, sedangkan untuk Desa Wabar dua unit.

Hal ini di sampaikan Ir. Alo Batkormbawa, Kepala Dinas Perikanan yang baru menjadi pimpinan dinas tersebut.

Menurut Alo, alasan ditariknya sejumlah Long Boat dari dua Desa tersebut adalah, nelayan-nelayan tersebut tidak melakukan operasional atau aktifitas, namun setelah ditelusuri, tidak demikian, tetapi mereka melakukan aktifitas seperti biasanya.

Menurut Kadis, semestinya bukan dengan cara menarik Long Boat-Long Boat tersebut, namun seharusnya di berikan pembinaan.

Menyinggung masalah pembinaan, Alo tekankan ini tugas kita sesungguhnya di Dinas teknis, untuk masalah laporan, pembuatan laporan.

“Mengingat jarak dan waktu yang mereka tempuh sangat memerlukan waktu yang lama dan agak sulit, sehingga tidak perlu secara tertulis, cukup dengan teknologi yang ada sehingga dapat membantu kita dalam hal ini Dinas Perikanan, juga untuk memantau aktifitas mereka, cukup dengan via telepon, sms, mengingat juga situasi kondisi Covid-19 yang masi belum usai,” tuturnya.

Jadi terkait Long Boat yang ditarik sebulan lalu itu, pada tanggal 20 Juli 2021, empat hari yang lalu pihaknya telah mengembalikan, mengirim kembali dari enam unit yang ditarik dari Desa Watidal, baru bisa dikembalikan lima unit, dengan jumlah mesin hanya tinggal tiga,sementara satu mesin sudah diberikan ke pihak lain.

Mantan Kepala Dispenda Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini berharap kedepan nanti, pihaknya akan melihat beberapa kekurangan, kelengkapan dari kelompok nelayan ini, sehingga saat mereka melakukan aktifitas dengan sungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan berusaha melengkapi.

“Untuk Desa Wabar  kita akan mengusulkan  untuk menggantikan dua unit Long Boat yang baru,”ujarnya.

Dari penarikan yang lalu itu kata Kadis Perikanan ini, sudah di berikan ke kelompok yang lain, jadi dia berharap untuk kelompok nelayan Desa Wabar tetap menunggu bantuan Kementrian berikut.

“Saat ini kita  sudah mengusulkan untuk menggantikan dua unit Long Boat yang ditarik itu.Alasannya  saya melihat mereka sangat aktif melakukan aktifitas sebagai nelayan tangkap,”tambahnya.

Saat ini  dengan transportasi seadanya mereka membawa hasil tangkapan ke Saumlaki melalui jalur Batu putih.

Untuk itu kata Alo, nantinya ada penambahan armada sehingga di harapkan dapat membantu nelayan dalam penambahan hasil tangkapan.

“jadi dengan penambahan armada akan membantu nelayan  dalam pendapatan,”tutup Kadis Perikanan itu.

Reporter : Sanra

Related posts