Kantor Wilayah Tingkat II GKPII Kepulauan Tanimbar Mendatangi Polres

  • Whatsapp
Kepala Wilayah Tingkat II GKPII, Pdt. Adiel Iyarmasa didampingi staf Ampi Fodratkosu,Boris Nanlohi,Frans Masela, bersama Ketua Majelis Jemaat, Werlumditi, Pdt Daud Batlolone, mendatangi Polres Kepulauan Tanimbar

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Kepala Wilayah Tingkat II GKPII, Pdt. Adiel Iyarmasa didampingi staf Ampi Fodratkosu,Boris Nanlohi,Frans Masela, bersama Ketua Majelis Jemaat, Werlumditi, Pdt Daud Batlolone, mendatangi Polres Kepulauan Tanimbar (KT),untuk bertemu Kapolres AKBP Romi, Agusriansyah.

Kanwil Tingkat II KT beserta satafnya di terimah langsung oleh Kapolres didampingi Kasat Intel dan anggotanya.Dalam pertemuan tersebut, pihak Kanwil GKPII hasil munas X di Propinsi Maluku meminta kepada Kapolres agar menyikapi rencana sekelompok Jemaat GKPII yang melakukan munas di Saumlaki pada (22/10/2020),dengan alasan tidak mengakui hasil munas di Ambon tanggal, 10-13 Oktober 2019.

“Dapat saya paparkan,masalah di tubuh Gereja Kristen Protestan Injili Indonesia,dimana mulai dari Munas 2014 yang menetapkan Pdt. Lien Kuhuwael, Sth.Mth sebagai Ketua Umum Sinode GKPII terpilih,selanjutnya ditetapkan Munas ke X di Ambon Propinsi Maluku, pada tanggal 10-13 Oktober 2019,”kata sala satu staf Kanwil GKPII Tingkat II KT, Ampi Fodratkosu,kepada N25 Biro KKT.

Sebelum Munas dilaksanakan di Ambon, surat pemberitahun kepada seluruh jemaat GKPII sudah di sebarkan, juga kepada kelompok yang tidak puas, dengan alasan permasalahan dualisme di internal Gereja sudah selesai.

Selain itu,buktinya dokumen kesepahaman dan surat pernyataan,serta dokumen hasil rapat yang masing-masing mengikat kedua belah pihak untuk mensukseskan musyawarah nasional (munas) di Maluku, Kota Ambon. Namun,sekolompok yang tidak puas memilih untuk tidak mengikutinya.

“Hasil mediasi kita di Polsek Tanimbar Selatan (Tansel),yang dihadiri mantan Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP.Adolof Bormasa, SH.MH.Dimana,Kapolres meminta kepada kelompok tersebut untuk menghentikan kegiatan mereka dan menempuh jalur hukum yakni di PTUN agar jelas,”ujar Ampi.

Berdasarkan surat dari Dirjen Bimas Kristen di Jakarta,No. B-493/DJ.IV/DT.IV.I/BA.01.1/3/2020.Sifat penting, perihal penjelasan, tertanggal 20 Maret 2020.Kepada Pdt. Nataniel Fodratkosu dkk,dengan 4 poin,satu diantaranya adalah, poin ke 4, Terkait rencana munas ke X GKPII tanggal 28-30 April 2020 di Saumlaki,agar dapat dikordinasikan dengan pimpinan GKPII hasil munas ke X di Ambon, tahun 2019.

Pada kesempatan yang sama,Boris Nanlohi pada pertemuan itu mengatakan,terkait dengan Munas istimewa yang rencananya dilakukan oleh kelompok ini di Saumlaki,adalah kegiatan ilegal yang tidak mempunyai rekomendasi dari Dirjen Bimas Kristen, Kapolri dan pemerintah setempat.

“Bagi saya jika kegiatan tersebut dilakukan,maka otomatis ini illegal.Olehnya,saya meminta pihak kepolisian agar dapat menyikapinya dan mengecek semua dokumen yang diduga illegal itu.Kami juga sudah berkordinasi dengan pihak Depag dan Kesbangpol Kepulauan Tanimbar untuk hal di maksud,”tegas Nanlohy.

Lain halnya datang dari Kepala Kanwil Tingkat II GKPII Kepulauan Tanimbar,Adiel Iyarmasa yang meminta kepada Kapolres AKBP. Romi, agar melihat hal ini dengan baik,serta juga untuk mengantisipasi jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas di Tanimbar.Dan semoga kepolisian bisa menggagalkan rencana Munas ilegal tersebut.

“Untuk itu,saya berharap agar Depag dan Kesbangpol berperan aktif atas kekisruhan ini,hingga bisa memastikan mana ilegal dan legal,”harap  Adiel Iyarmasa.

Sementara itu,Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP Romi Agusriansyah,dalam pertemuan tersebut, menyampaikan terimah Kasih atas informasi yang baik ini dan berikan waktu buatnya untuk telahan surat-surat ini dan pastinya akan berkordinasi dengan pihak Departemen Agama KT dan Kesbangpol.

“Dengan adanya informasi ini kami dari kepolisian akan segera menindaklanjutinya agar jelas mana legal dan illegal.Jadi sekali lagi,saya minta waktu dari Bapak-Bapak,”tandas Kapolres akhiri.

Reporter   : JIAS

Editor       : Aris Wuarbanaran

Related posts