Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dan Tutor PAUD di Kecamatan Kormomolin

  • Whatsapp

Saumlaki,N25NEWS.com – Peningkatan kapasitas kader Posyandu, dan juga Tutor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), merupakan bagian dari tanggungjawab Pemerintah Kecamatan dalam melaksanakan fungsi pembinaan terhadap kelembagaan di Desa, dalam mewujudkan tatakelola Pemerintahan Desa sebagai satu kesatuan penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Frangklin, G Lambiombir dalam paparannya menyampaikan, tanggungjawab pemerintah Desa sangat luas dan kompleks, sehingga bukan hanya menyangkut hal-hal fisik semata, namun, hal yang sangat penting dan mendasar adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa. Melalui pencegahan dan penanganan stunting, pembangunan karakter anak usia dini, bukan hanya merupakan tanggungjawab dinas teknis, namun kelembagaan di Desa sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, himbau Camat.

Maka melalui kegiatan peningkatan kapasitas ini, diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih baik dalam upaya pembangunan kualitas SDM di Desa sejak dini, mulai dari bayi balita dan anak-anak. Dalam menjawab semua kebutuhan dan tuntutsn seperti yang disampaikan diatas maka lelaki dengan gelar S. Sos, ini mengatakan, ‘Pemerintah melalui Alokasi Dana Desa tahun anggaran 2020 menyiapkan anggaran untuk dapat membiayai kedua kegiatan dimaksut, yang dalam tehknis pelaksanaannya pemerintah kecamatan berkordinasi dengan SKPD terkait yakni, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, TP. PKK Kabupaten, P3MD) yang akan langsung menjadi nara sumbet dalam giat dimaksut.

Selain itu dia juga memberikan pemahaman serta gagasan.Selain itu dia menggambarkan, rangsangan pendidikan ini hendaknya dilakukan secara bertahap, berulang, konsisten, dan tuntas, sehingga memiliki daya ubah (manfaat) bagi anak. Seiring bertambahnya usia, anak-anak membutuhkan rangsangan pendidikan yang lebih lengkap, sehingga memerlukan tambahan layanan pendidikan di luar rumah yang dilakukan oleh lingkungan maupun lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).

Tambah Camat, sesungguhnya pelaksanaan kegiatan seharusnya terlaksana pada tahun 2020, namun terdapat sejumlah Desa yang menempatkan pos anggarannya pada tahap terahkir, sehingga baru bisa terlaksana pada awal tahun 2021, dan diikuti oleh 10 Desa dalam wilayah kecamatan kormomolin.

Reporter : Sanra.

Related posts