Lomba Desa Dimulai,Tim Penilai Provinsi Maluku Sambangi Desa Kandar

  • Whatsapp

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Lomba Desa Tingkat Propinsi dimulai Rabu (7/7/2021), tim penilai propinsi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa didampingi Pj.Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, menyambangi Desa Kandar.

Rombonga Tim penilai dipimpin Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Propinsi Maluku yaitu, Ir. Ismail Usemahu, MT, didampingi anggota tim diterima Camat Selaru, bersama Kepala Desa Kandar.

Awalnya, menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Paulus Arnold, Sabono, Tim yang lain sudah menilai pada saat presentase oleh Kades di Kantor Gubernur Maluku, untuk saat ini tim yang sekarang bertujuan untuk uji petik lapangan sesuai presentase Kepala Desa Kandar.

Poli, sapaan akrabnya. Lomba Desa adalah suatu wahana mengukur keberhasilan pembangunan Desa. Terkait dengan pertanyaan wartawan seberapa optimis untuk mendapatkan juara ? Sabono santai menjawab,’Tetap optimis untuk juara, karena sala satu yang berpengaruh untuk penilaian adalah INOVASI di Desa.

Kadis PMD Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini juga mengatakan, penilaian lomba Desa yang dilakukan ini bukan hal yang baru, karena telah berjalan tahun-tahun sebelumnya di seluruh Kabupaten pada wilayah Propinsi Maluku, jadi ini bukan hal baru, pengalaman-pengalaman itu kita jadikan bahan, dan tak lupa juga untuk selalu mengudakasi pentingnya lomba Desa ini, ujar putra Abat itu.

Lanjut orang nomor satu di jajaran Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini menyatakan, penilaian lomba Desa tetap mengacu pada Permendagri 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Dimana lomba Desa ini, untuk mengevaluasi sekaligus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan Desa.

Disisi lain, kata Sabono, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sangat mengharapkan dengan adanya INOVASI yang di munculkan di desa, bisa menjadi nilai tawar yang tinggi dalam rangka untuk membantu Pemerintah Desa mempercepat pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan dan pemberdayaan di Desa Kandar.

Terakhir Sabono berharap, jika Desa Kandar terpilih nanti, berarti Desa yang telah siap untuk diikutkan pada lomba Desa tingkat lebih atas lagi, ungkapnya.

Reporter : Sanra

 

Related posts