Panitia Pengawas Pilkades Kormomolin Tinjau Persiapan Pilkades

  • Whatsapp

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Panitia Panwas Kecamatan Kormomolin melakukan kunjungan pada desa-desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serempak pada tanggal 1 Maret 2021 nanti.

Pantauan N25NEWS.com,Panitia Panwas yang terdiri dari,Camat,Kapolsek,Danpos,Koramil,melakukan pemantauan tersebut mulai dari desa Lorwenbun dan nantinya akan berakhir di desa Lumasebu,Senin (18/1).

Adapun,dari hasil pemantauan tersebut masih ditemukan pada beberapa desa yang belum maksimal dalam hal ini persiapan berdasarkan tahapan yang telah disampaikan.Olehnya,Panwas langsung memerintahkan panitia desa untuk melakukan semua tahapan.

Selain itu,Panitia desa wajib untuk membekap seluruh kebutuhan yang akan diperlukan dalam pelaksanaan tugas yakni harus menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan (Prkoes).

Sedangkan untuk mencegah terjadinya kerumunan massa,maka Camat Kormomolin memerintahkan agar perlu ada penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga masyarakat terhindar dari pada kerumunan pada saat pemungutan suara.

Kemudian juga panitia harus segera umumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada tempat-temapt umum,sehingga warga masyarakat dapat melihat dan jika masih terdapat warga yang belum terdaftar,maka yang bersangkutan dapat mendaftarkan diri pada daftar tambahan sebagai pemilih.

Oleh karena itu,Camat Kormomolin berharap agar pemerintah desa,baik BPD,pemuka agama,serta tua-tua adat agar bisa melakukan sasi sopi (minuman keras) mengingat pada saat pesta politik di tingkat desa nanti,akan terjadi sejumlah masalah kriminal yang dipicu oleh alkohol.

Saya mengharapkan pemrintah desa segera berkoordinasidengan semua unsur terkait yang tentu mengacu pada surat Camat Kormomolin dan himbauan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kormomolin,”kata Camat Kormomolin Frangklin.

“Kita sampaikan hal ini secara keseluruhan terkait kondisi kamtibmas di Kecamatan agar aman terkendali.Namun,kondisi ini tidak membuat Muspika Kormomolin tenang,sebab kita tau betul suhu politik Pilkades jauh melebihi proses politik lainnya sehingga stabilitas keamanan harus menjadi prioritas,”tegas Frangklin.

Untuk itu,pada kesempatan yang sama pula Kapolsek bersama Danpos Koramil mengharapkan Pemerintah Desa dan Panitia wajib secepatnya melaporkan kondisi situasi Kamtibmas di desa masing-masing kepada Muspika.

Reporter : Sanra

Editor : Aris Wurbanaran

Related posts