Pejabat Sekda Kepulauan Tanimbar Lantik Dan Mengambil Sumpah Dua Pejabat Kepala Desa

  • Whatsapp

SAUMLAKI,N25NEWS.com -Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar,Ruben Moriolkosu mewakili Bupati Kepulauan Tanimbar melantik dan mengambil sumpah dua Penjabat Kepala Desa (Kades) Tumbur dan Desa Persiapan Sabal yang berlangsung dilantai II kantor Bupati Kepulauan Tanimbar,Selasa (25/1/2021).

Adapun,pada pelantikan dan pengambilan sumpah Penjabat Kepala Desa tersebut,selain dihadiri Penjabat Sekda,juga dihadiri sejumlah pimpinan SKPD,Camat Wermaktian dan sejumlah tokoh agama.

Kedua Penjabat yang dilantik dan diambil sumpah jabatan adalah Agustinus Wens Ohoitimur sebagai Penjabat Kades Tumbur Kecamatan Wermaktian dan Nikodemus Ongirwalu sebagai Penjabat Kades Desa Persiapan Sabal.

Keduanya dilantik dan diambil sumpah jabatan berdasarkan SK Bupati Kepulauan Tanimbar Nomor : 141-24- tahun 2021.Dan SK Bupati Kepulauan Tanimbar Nomor : 141-25-tahun 2021.

Selain itu,mereka akan menjabat sebagai Penjabat Kepala Desa Tumbur dan Desa Persiapan Sabal ini,terhitung dari hari ini,Senin 25 Januari 2021 dan akan sampai pada hasil pilkades beberapa bulan setelah ditetapkan.

Menurut Penjabat Sekda jabatan baru ini sekaligus tugas untuk mempersiapkan dalam rangka pemilihan kepala desa serempak dibeberapa bulan nanti.

Lebih lanjut,Penjabat Sekda mengatakan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji adalah bagian dari tugas penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk mengisi kekosongan jabatan pada kedua desa tersebut.

Ditambahkannya,jabatan merupakan amanah dan titipan Sang Kuasa,serta tidak gampang mengemban amanah dalam menjalankan tugas,dimana tidak selamanya baik.

“Olehnya,saya berharap semoga jalinan kerjasama yang telah terbina selama ini,bisa terus terjalin baik.Serta,kedepan bagaimana merubah perilaku dan mindset masyarakatnya supaya bisa diajak lebih maju lagi,”ungkap Moriolkosu.

Pada kesempatan yang sama Penjabat Kepala Desa Tumbur,Wens Ohoitimur menjelaskan sesuai amanah pemerintah dan Undang-Undang,dimana tugas yang pertama adalah memperiapkan pemilihan sampai dengan proses pelantikan kepala desa definitif.Olehnya,Penjabat Kades Tumbur ini meminta dukungan pemerintah,masyarakat dan stakeholder agar berjalan baik.

“Saya juga meminta para wartawan turut bekerjasama dengan kami untuk mengekspos seluruh aktivitas dan kegiatan yang ada di desa sampai dengan pelantikan kepala desa definitif,”jelasnya.

Wens juga tambahkan pihaknya akan berkonsulatasi secara berjenjang untuk memberikan cuti bagi Sekdes Tumbur,dikarenakan telah dinyatakan lulus dalam tahapan uji kelayakan calon Kades Tumbur oleh panitia Pilkades tingkat kabupaten.

“Tugas dan tanggung jawab sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) akan diberikan tanggung jawab penuh kepada salah satu staf desa untuk melaksanakan tugas sementara sebagai Sekdes,”ujarnya.

Sementara itu,Penjabat Kepala Desa Persiapan Sabal,Nikodemus Ongirwalu sangat optimis untuk melaksanakan tugas dan mandat telah terkarma dalam sumpah dan janji dalam melaksanakan tugas sebagai Penjabat Kades Desa Persiapan Sabal.

“Untuk itu sesuai amanah dan perintah dari pemerintah untuk desa Persiapan Sabal menjadi desa definitif,pihaknya akan menyiapkan segala administrasi dan melengkapi sesuai dengan aturan yang berlaku,”tandas Ongirwalu.

Reporter : Sanra

Editor : Aris Wuarbanaran

Related posts