Peran Hulu Migas Membantu Masyarakat Dalam Menanggulangi Pandemi COVID-19

  • Whatsapp

Oleh : Sanra Lokdalim
Media : N25NEWS.com

SAUMLAKI,N25NEWS.com-(25-10-2020) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migaa dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Corporation (INPEX) telah melasanaka penandatangan Head of Agrement (HOA) pengembangan lapangan hulu migas Masela di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Terobosan suadah dilakukan SKK Migas dan kontraktornya, tidak hanya untuk membantu pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona.

Upaya tersebut mulai dari membantu instansi lain untuk penanganan. Tapi, juga membantu APD bagi tenaga medis. Hingga menyumbangkan berbafai peralatan media, tak terkecuali mendonasikan bahan makanan kepada warga yang terimbas covid-19. SKK Migas, patut diacungi jempol karena menggandeng instansi berkompeten untuk menggelar penyeluhan kepada masyarakat terkait protokoler kesehatan.

Menongok jejak Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas)serta Kontraktor kontrak kerja sama (KKKS), sangat mengesankan. Oleh karenanya, dalam upaya mencegah virus corona, instansi Migas mendapat dukungan dan apresiasi dari masyarakat. Penyuluhan seperti rajin cuci tangan di air yang mengalir dengan sabun, serta menjaga jarak, juga harus menggunakan masker di luar rumah.

Hal nyata yang tak bisa di pungkiri, sejak awal penyebaran covid-19 di tanah air, SKK Migas berusaha berperan aktif dan berkontribusi untuk mencegah virus berbahaya ini. Warga daerah kawasan Industri Migas selain menerimah sembako, tetapi juga kesehatan lingkungan kewaspadaan. Seperti penukiman warga mendapat penyemprotan cairan disinfektan. Para petinggi SKK Migas berkordinasi dengan lintas sektoral. Antara komunikasi dengan kepala daerah untuk berkordinasi dengan baik.

Berbagai program telah dilakukan SKK Mugas kerja sama dengan Inpex CORPORATION, perusahan minyak jepang itu, dan melibatkan tokoh pemuda, tokoh perempuan, toko agama, mahasiswa, LSM dan masyarakat lainnya dalam penyuluhan serta mewakili untuk nemberikan bantuan.
Mereka dilibatkan untuk memberikan penyuluhan secara langsung dikampung-kampung, mereka lakukan sosialisasi, pencegahan-pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat yang adalah keluarganya sendiri.

Kerja keras berbagai pihak seperti SKK Migas, Pengusaha Lokal, TNI-Polri, Tim Satgas Covid-19 sangat membantu memutus penyebaran covid-19 di Papua dan Maluku (Pemalu).
Untuk memutus nata rantai penyebaran covid-19, membuhtukan aksi nyata dan kerja sama seluruh elemen, menjadi kunci penting. Tidak hanya pemerintah dan tenaga medis yang berjuang di garis depan.

Aksi nyata SKK Mugas dan KKKS menunjukan peran Hulu Migas membantu Penanggulangan pencegahan penyebaran covid-19. Bahkan ini benar-benar hadir untuk mastarakat di daerah Papua dan Maluku demi kemajuan bangsa dan negara. Khususnya, pembangunan di daerah-daerah kawasan Hulu Migas. Kerja keras SKK Migas dan kontraktornya perlu mendapat dukungan masyarakat dalam berbagai hal. Termasuk, protokel kesehatan, karena tanpa dukungan masyarakat untuk menegakan disiplin kesehatan, maka ancaman covid-19 bisa makin menyebar.

Related posts