Petrus Fatlolon Dan Jois Fatlolon/Pentury Memotong Padi Sebagai Tanda Dimulainya Panen Raya

  • Whatsapp

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Bupati Petrus Fatlolon, SH MH, dan Ibu Ketua TP.PKK, Jois Fatlolon/Penturi, SP, mengikuti panen raya padi bersama petani dan kelompok tani di area Ndaranaman, Desa Adaut Kecamatan Selaru Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dalam acara ini, Bupati begitu perhatian kepada petani, Fatlolon berbaur bersama petani untuk melakukan panen raya, bahkan Bupati bersama Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten, juga sempat memotong padi sebagai tanda dimulainya panen raya.

Panen raya di area persawahan Ndaranaman Desa Adaut ini mencapai 85 hektar, namun yang berhasil di panen gabah kering 45 hektar.

Bupati dalam arahannya sebelum memotong padi meminta kepada yang kuasa,dengan memanjatkan puji da syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,pada sore hari menjelang malam hari ini, dengan penuh suka cita, seluruh masyarakat  melaksanakan panen raya, padi kering di Desa Adaut, kiranya Tuhan senantiasa menolong dan memberkati semua, Selasa (6/7/2021).

Setelah usai memotong padi tandanya dimulai panen raya,orang nomor satu di bumi Duan Lolat ini, menyempatkan waktu untuk berdialog dengan kelompok tani Ndaranaman.

Semua keluhan disampaikan kepada Bupati dalam dialog itu, semua dijawab Fatlolon, dan berpesan kepada kelompok tani tentang cara mengerjakan sawah sesuai aturan dan hati-hati.

Lanjutnya, mulai dari benih hingga musim tanam, dilakukan secara teliti. Selain itu, juga pengairan yang cukup dan yang tak kalah pentingnya diberi pupuk atau obat-obatan pembasmi hama untuk menghindari serangan hama. ‘Sehingga panen bisa lebih besar.

Permintaan lain dalam dialog itu, Bupati Fatlolon, meminta kepada Dinas tehknis dalam hal ini Dinas Pertanian untuk nendengar, mengakomodir keluhan petani, berkaitan dengan peralatan persawahan, perlu diadakan, sambil mengingatkan kepada Kadis Pertanian dan Kabit Tanam dan Hortikultura.

Orang nomor satu di Kepulauan Tanimbar ini, meminta para petani memperhatikan kesehatan. Jangan hanya memikirkan pekerjaan, lalu lupa menjaga kesehatan, Kesehatan perlu, untuk itu saya mengingatkan, imbuh Bupati.

“Saya juga berharap, dan mengingatkan, sekarang ini kita lagi di perhadapkan dengan musibah yang mendunia, yaitu Covid-19, dan lagi tren sekarang ini, covid, varian baru yang sekarang sudah ada, Bupati berharap, selalu menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak, itu perlu,”ujarnya.

“Sebagai Desa penghasil lumbung padi, saya berharap harus selalu konsisten bisa produksi, bahkan, jika perlu area persawahan di perluas. Selanjutnya, sudah menjadi tanggungjawab dan tugas Pemerintah Daerah memberi irigasi saluran air untuk persawahan, ujar Bupati.

Reporter : Sanra.

Related posts