Proses Penggilingan Pengolahan Padi,Kadis Pertanian : Mari Kita Hargai Kerja Keras Petani

  • Whatsapp

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Beras merupakan salah satu kebutuhan pokok penduduk, karena sebagian besar masyarakat mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok.Proses penggilingan merupakan pra-proses dalam pengolahan agar didapatkan bahan yang siap untuk diolah.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Jemi Watumlawar, yang didampingi Kepala bidang, Tanam dan Hortikultura, Heri Lodarmase,saat ditemui pada rumah mesin pengolahan Desa Kandar,Rabu (7/7/2021).

Menurut Watumlawar,penggilingan padi adalah sala satu tahapan pascapanen padi yang terdiri dari rangkaian beberapa proses dimana proses utamanya adalah pemecahan kulit (husking) dan penyosohan (poliishing) untuk mengolah gabah menjadi beras siap konsumsi.

“Pada prinsipnya,jelas telah dikatakan Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, bahwa, kami terus memberikan pendampingan penyuluhan, bantuan lainnya kepada kelompok tani,”ujar Watumlawar.

Selain itu juga pemerintah terus mendorong untuk meningkatkan produksi pertanian.Tinggal masalah pengolahan, dirinya (Kadis) akan melakukan pengawasan lewat bidang, dan seksi-seksi, agar selalu memonitor, dan selalu melakukan komunikasi kepada yang telah diberikan tanggungjawab buat saudara-saudara di bagian mesin.

“Kami percaya bahwa atas dukungan pemerintah daerah, masyarakat Desa Kandar, sistim pengelolahan akan berjalan aman-aman saja,”katanya.

Putra Selaru ini menambahkan, pengolahan padi menjadi beras merupakan sebuah proses yang panjang.Dimana nasi yang setiap hari menjadi konsumsi masyarakat merupakan hasil pertanian petani.

“Nasi yang kita nikmati di meja makan juga merupakan produk jerih paya para petani dan produsen. Watumlawar mengajak,mari kita lebih menghargai kerja keras petani kita di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,”ajaknya.

Reporter : JIAS

Editor     : Aris Wuarbanaran

Related posts