Puskesmas Lorulun KKT Berbenah Diri

  • Whatsapp

SAUMLAKI,N25NEWS.com – Perubahan merupakan tindakan yang dilakukan untuk Berbenah diri, hal ini yang dilakukan Puskesmas Lorulun, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Perubahan yang lakukan dimulai sejak kepemimpinan Simon Fenanlampir, Amd, K, yang menjabat sebagai Kepala Puskesmas Lorulun sejak dilantik pada tanggal 7 Agustus 2019 lalu, kurang lebih baru dua bulan. Dirinya merasa peduli terhadap kondisi Puskesmas yang berada di ibu kota Kecamatan ini.

Ketika dirinya (Simon Fenanlampir) tiba di Puskesmas Lorulun langsung dilakukan pembenahan disemua lini. S

Fenanlampir ketika ditemui dan dikonfirmasi wartawan media ini diruang kerjanya mengatakan,” langkah awal yang dilakukan yaitu perubahan management karena dalam pelayanan standard berdasarkan peraturan permenkes 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. sebagai promotif dan preventif merupakan fungsi puskesmas.”

Sesuai standar management puskesmas Lorulun yaitu terwujudnya kecamatan yang sehat melalui visi ini diarahkan secara sinkronisasi data antara puskesmas dengan pustu, puskesdes dan polindes yang ada diwilayah kerja di Kecamatan Wertamrian, sama – sama mendata untuk pencapaian hasil kerja yang ada di Puskesmas dengan 18 programnya yang Puskeamaa Pembantu (Pustu) juga harus tahu, kebanyakan yang terjadi selama ini program yang dikelolah oleh penanggungjawab program, pencapaian target dan sasaran yang ada didesa itu Pustu juga tidak tahu, seharusnya Pustu harus tahu karena itu wilayah kerjanya.

” Yang saya arahkan ini Pustu harus benar – benar tahu, dan berdasarkan data yang ada didalam Program yang akan dilaksanakan ini yaitu kader – kader kesehatan yang sudah dibentuk oleh Isteri Bupati sebagai Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten, ada penambahan 15 kader baru, saya juga mau mengaktifkan kader yang punya fungsi dan perannya salah satunya yaitu membantu posyandu , Pustu, polindes, yang ada didesa,” ujar Simon Fenanlampir.

Dirimya mencontohkan tentang sinkronisasi data misalkan diambil sasaran K1 dimana di puskesmas tidak pernah tercapai, melalui penambahan kader ini lewat RKA penganggaran Puskesmas, sehingga dalam penyegaran – penyegaran kader yang nanti dibuat, salah satu tujuannya adalah bagaimana peran kader untuk membantu pustu mencari sasaran didalam pencapaian target dari pada program dari Puskesmas.

” Disaat puskesmas belum dijabat oleh pimpinan yang baru, belum ada perkembangan sama sekali, saya mulai menata kembali dan menjadikan puskesmas punya pelayanan yang benar – benar dirasakan oleh seluruh masyarakat, salah satu program yang saya buat adalah program Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan pembenahan ruangan – ruangan menuju kearah puskesmas akreditasi.” kata Kepala Puskesmas Simon Fenanlampir.

Ada lima tingkatan untuk puskesmas akreditasi dan puskesmas Lorulun sudah berada di tingkatan puskesmas akreditasi Madya, sementara target yang sekarang dikejar adalah akreditasi Utama dan yang terakhir adalah tingkatan Paripurna. Untuk menuju ke akreditasi Utama perlu dipersiapkan oleh puskesmas Lorulun adalah setelah di laksanakan hari kesehatan nasional ke-55 di kota Larat yaitu Kaji banding ke Puskesmas Hutumuri di Ambon. Karena dalam peningkatan status juga tergantung pada SDM, khususnya rawat nginap akan dilakukan OJT di rumah sakit PP Magrety Saumlaki. Sehingga diharapkan Setelah di laksanakan OJT barulah UGD dapat berjalan dengan maksimal.

” Dimana selama ini penanganan pasien UGD tidak secara prosedural, pasien biasanya langsung dibawa kerumah sakit padahal dirumah sakit Lorulun punya fungsi untuk menangani pasien UGD kacuali pasien tersebut adalah pasien gawat darurat yang harus ditangani segera dan boleh dirujuk. Tetapi kalau pasien yang bisa ditangani kenapa kita tidak tangani sendiri ” ungkap Simon Kepala Puskesmas Lorulun.

Walaupun kepemimpinan seorang Simon Fenanlampir adalah putra daerah Tanimbar yang mempunyai kemampun, dirinya akan mengoptimalkan semua lini yang salah satunya peranan dari lintas sektor untuk membantu terwujudnya kecamatan yang sehat dan intinya adalah  pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh puskesmas Lorulun benar – benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

Adapun kegiatan – kegiatan yang rencananya dilaksanakan Puskesmas Lorulun dalam bulan October 2019 ini yaitu bekerjasama dengan desa Atubul Da untuk membantu pembangunan jamban sehat yang diprakarsai puskesmas Lorulun. Ini adalah target yang akan dilakukan karena masuk dalam program standar pelayanan minimal dengan mengacuh pada 12 indicator yang wajib dilaksanakan. Alasan dilaksanakan jamban sehat di desa Atubul Da karena jumlah jamban sehat masih sangat kurang sekali. Dan ini merupakan kerja nyata dari puskesmas Lorulun dalam memberikan bantuan dan menjadi contoh bagi desa – desa yang lain di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. 

Reporter : Imanuel S

Editor : Redaksi

Baca Juga :

www.sport.n25news.com

www.ambon.n25news.com

www.n25news.com

www.sbb.n25news.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60