Yoseph Resilay Kades Alusi Tamrian,Nginap 8 Bulan Di Hotel Prodeo,Didima 9 Bulan Percobaan

  • Whatsapp

SAUMLAKI,N25NEWS.com-Putar kiri, putar kanan, akhirnya ‘Majelis Kasasi menguatkan putusan pengadilan sebelumnya yang menjatuhkan pidana penjara 8 bulan terhadap Kepala Desa Alusi Tamrian, Yoseph Resilay, menginap di hotel Prodeo Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Saumlaki.

“Sedangkan Didima alias Dima, hukuman 6 bulan penjara, dengan ketentuan pidana tersebut tidak perlu dijalani dengan masa percobaan selama 9 bulan, jadi Didima alias Dima, tidak perlu dijalani hukumannya, asalkan 9 bulan masa percobaan itu, tidak boleh melakukan tindak pidana yang lain, kata,Gala Kasi Intel Kejaksaan Negeri Saumlaki, Kamis (2/9/2021).

Adapun, kasus ini bermula,Yoseph Resilay, Kades Alusi Tamrian itu, diduga melakukan perzinahan dengan Didima alias Dima Yempormase, yang adalah istri dari Rafael, di salah satu penginapan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sejak 24-25 April 2020.
Atas kasus tersebut kemudian digiring ke meja hijau.

Dijelaskan Gala,sebelumnya Pengadilan Negeri Saumlaki, menjatuhkan hukuman kepada terdakwa bersama pasangannya 8 bulan penjara,namun terdakwa bersama penasehat hukumnya tidak menerima putusan pertama dan kemudian melakukan upaya hukum lain yakni banding.

Dimana banding dilakukan sebagai proses upaya hukum menentang atau merasa tidak puas dari hasil yang diputuskan oleh pengadilan negeri. Terdakwa bersama penasehat hukum mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Ambon dan setelah putusan Pengadilan Tinggi Ambon, memperkuat putusan Pengadilan Negeri Saumlaki.

Oleh karena itu Kepala Desa Alusi Tamrian bersama penasehat hukumnya,tidak puas dengan putusan Pengadilan Tinggi Ambon, kemudian melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung (MA),namun upaya hukum lewat MA menolak kasasi yang di ajukan pengacara Yoseph Resilay, yakni Eduardus Futwembun, SH.

Dengan dasar MA menolak Kasasi terdakwa bersama penasehat hukum dan menguatkan putusan Pengadilan Tinggi Ambon, akhirnya Kejaksaan Negeri Saumlaki, mengeksekusi Yoseph Resilay, terdakwa kasus perzinahan pada Selasa (31/8).

Dengan demikian Kades Alusi Tamrian Yoseph Resilay, saat ini menjalankan hukuman badan di Lapas Bomaki, selama 8 bulan kurungan.Sedangkan terhadap pasangannya Didima alias Dima, di hukum pidana penjara selama 6 bulan,dengan ketentuan pidana tersebut tidak perlu dijalani dengan masa percobaan selama 9 bulan.

Untuk diketahui Kasasi merupakan salah satu upaya hukum biasa yang dapat di minta oleh salah satu atau kedua belah pihak (terdakwa atau penuntut) terhadap suatu putusan Pengadilan Tinggi.

Lebih lanjut Gala menambahkan, terdakwa atau penuntut umum dapat mengajukan kasasi bila masih merasa belum puas dengan isi putusan Pengadilan Tinggi kepada MA.

“Jadi,itu berarti Kasasi dapat membatalkan keputusan pengadilan dari tingkat peradilan terakhir, saat satu pihak merasa ada putusan yang bertentangan, silakan seperti yang sudah di uraikan terkait dengan Kasasi di bagian awal,” akhiri Gala.

Reporter : JM

Related posts